Apa Itu Model OSI ?


MODEL OSI

Sebuah protokol komunikasi data yang menjadi acuan dalam perancangan hardware maupun software jaringan adalah Model Referensi OSI.

OSI adalah singkatan dari Open System Interconnection, yang ditetapkan oleh organisasi acuan sedunia ISO (International Standard Organization) yang mrnyrdiakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan.

ISO adalah bagian beberapa organisasi yang concern dengan perkembangan standar teknologi telekomunikasi dan data internasional maupun dari Amerika, antara lain :
a. International Standards Organization (ISO)
b. International Telecommunications Union-Telecommunication Standards Section (ITUT)
c. American National Standards Institute (ANSI)
d. Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE)
e. Electronic Industries Association (EIA)
Selain itu terdapat pula organisasi yang bersifat forum ilmiah seperti Frame Relay Forum dan ATM  Forum.

Menurut OSI komunikasi antara dua komponen dalam jaringan memerlukan 7 lapisan, mulai dari lapisan Aplikasi, dimana pengguna memulai pengiriman datanya, hingga ke lapisan Fisik, dimana data dalam bentuk sinyal listrik ditransmisikan melalui media komunikasi.

Model OSI terdiri dari 7 layer : 
·         Application Layer
·         Presentation Layer
·         Session Layer
·         Transport Layer
·         Network Layer
·         Data Link Layer
·         Physical Layer

s  1. Physical Layer
        Layer physical merupakan layer kesatu atau layer bawah pada model referensi OSI layer.    Fungsi Physical Layer adalah Lapisan yang menangani medium fisik atau koneksi listrik        yang menghubungkan dua komponen yang berkomunikasi.

2  2. Data Link Layer
s      Merupakan layer kedua pada model referensi OSI layer. Fungsi data link layer adalah           menjamin paket-paket data terbebas dari kesalahan ketika disampaikan ke penerima.
3
3  3. Network Layer
        Merupakan layer ketiga pada model referensi OSI layer, yang berfungsi mengatur rute dari    paket data melalui jaringan, sehingga paket ini bisa sampai ke tujuan.

4  4. Transport Layer
       Merupakan layer keempat pada model referensi OSI layer yang berfungsi menjamin             pengiriman data dari satu komponen ke komponen lainnya yang berkomunikasi.

5  5. Session Layer
        Merupakan layer kelima pada model referensi OSI layer. Lapisan ini berfungsi membuka      koneksi antara dua komponen yang berkomunikasi, menjaga koneksi selama komunikasi      berlangsung dan memutuskannya ketika selesai.

6  6. Presentation Layer
e      Merupakan layer keenam pada model referensi OSI layer. Presentation Layer berfungsi        melakukan presentasi data, perubahan format agar terjadi kesesuaian antara pengirim          dan  penerima.

7  7. Application Layer
        Merupakan layer ketujuh pada model referensi OSI layer. Layer ini adalah yang paling         'cerdas', yang berfungsi menangani program aplikasi yang digunakan oleh user dalam         mengirim/menerima data, misalnya program messenger, e-mail, browswer, dll.

u     untuk tabel model OSI nya liat kesini
1 komentar
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Lama