Masa Pemerintahan Herman Williem Daendels

Masa Pemerintahan H.W.Daendels


H.W. Daendels adalah Gubernur Jenderal yang memerintah di Nusantara (Indonesia) pada tahun 1808-1811. Daendels bertugas untuk menjaga tanah Jawa agar tidak dikuasai oleh Inggris. Ia adalah pemimpin yang di tunjuk oleh Pemerintah Republik Bataaf, Daendels harus memperbaiki administrasi pemerintah dan juga memperkuat pertahanan, juga kehidupan social ekonomi di Nusantara (Indonesia) khususnya di tanah Jawa.

H.W. Daendels adalah kaum liberal dan patriot dari Belanda ang sangat terpengaruh oleh ajaran Revolusi Perancis. Daendels tidak pernah lupa mengutip semboyan Revolusi Perancis di setiap pidatonya. Ia berkeinginan menanamkan kepada masyarakat Hindia jiwa persamaan, kemerdekaan, dan persaudaraan. Oleh karenanya ia ingin menumpas praktik-praktik Feodalisme. Hal tersebut bermaksud agar masyarakat lebih produktif dan dinamis bagi kepentingan negeri induk (Republik Bataaf). Ini dilakukan untuk membatasi hak-haknpara bupati yang terkait dengan penguasaan atas penggunaan tenaga rakyat dan penguasaan atas tanah serta mencegah adanya penyalahgunaan kekuasaan.

Daendels melakukan beberapa langkah yang strategis, terutama yang menyangkut administrasi pemerintahan, bidang pertahanan dan keamanan, dan social ekonomi.


English Version
Tidak ada komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama