Enam Kecerdasan

MEMPERKENALKAN ENAM KECERDASAN

 

Pada Era Konseptual, kita perlu melengkapi penalaran yang diarahkan otak kiri kita dengan menguasai enam kecerdasan penting yang diarahkan oleh otak kanan. Secara bersama-sama, enam kecerdasan high concept, high touch ini dapat membantu mengembangkan sebuah pikiran yang benar-benar baru yang dituntut oleh era baru ini.

1. Tidak hanya fungsi tetapi juga DISAIN

Tidaklah lagi memadai untuk menciptakan sebuah produk, jasa, pengalaman, atau gaya hidup yang semata-mata fungsional. Saat ini adalah saat yang secara ekonomi penting dan berharga secara personal untuk menciptakan sesuatu yang juga indah, sedikit fantastis, dan menarik secara emosional.

2. Tidak hanya argumen namun juga CERITA

Ketika penuh dengan informasi dan data, mengumpulkan argumen yang efektif tidaklah memadai. Seseorang entah dimana pun juga pasti akan menemukan suatu yang berbeda untuk membantah maksud anda. Esensi dari persuasi, komunikasi, dan pemahaman-diri telah menjadi suatu kemampuan juga untuk menciptakan suatu kisah yang menarik.

 3. Tidak hanya fokus tetapi juga SIMPONI

Banyak dari Era-era Industri dan Informasi membutuhkanfokus dan spesialisasi. Namun ketika pekerjaan kerah-putih dialihkan ke Asia dan direduksi ke dalam software, ada sebuah penghargaan terhadap kecerdasan sebaliknya: menggabungkan bagian-bagian, atau apa yang saya sebut Simponi. Apa yang menjadi permintaan terbesar saat ini bukanlah analisa namun sintesa, melihat keseluruhan perspektif, melintasi batasan-batasan, dan dapat mengkombinasikan bagian-bagian terpisah ke dalam satu kesatuan baru yang mengesankan

4. Tidak hanya logika tetapi juga EMPATI

Kapasitas untuk pemikiran yang logis adalah salah satu hal yang membuat kita menjadi manusia. Namun dalam sebuah dunia yang penuh dengan informasi yang menyebar dan alat-alat analitas yang maju, logika sendiri tidaklah bisa. Apa yang akan membedakan mereka yang berkembang dengan cepat boleh jadi kemampuan mereka untuk memahami apa yang membuat teman laki-laki atau perempuannya bergerak, untuk mempererat hubungan, dan peduli kepada orang lain.

5. Tidak hanya banyak keseriusan namun juga PERMAINAN

Bukti yang cukup menunjukkan kepada kesehatan yang besar dan keuntungan-keuntungan profesional dari ketawa, bersikap tenang, permainan, dan humor. Tentu saja, ada saatnya untuk serius. Namun begitu banyak keseriusan mungkin tidak baik juga untuk karir anda dan buruk bagi kesejahteraan anda. Dalam Era Konseptual, dalam pekerjaan dan kehidupan, kita semua perlu bermain.

6. Tidak hanya akumulasi tetapi juga MAKNA

Kita hidup dalam sebuah dunia yang berisi kelimpahan materi yang menarik. Itu telah membebaskan ratusan juta orang dari perjuangan sehari-hari dan membebaskan kita untuk mengejar kesenangan-kesenangan yang lebih bermakna: tujuan, transendensi, dan pemenuhan spiritual
 


Tidak ada komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama